Sabtu, 12 April 2008

HALO PLN?

Sudah waktunya PLN mengubah sistem penghitungan jumlah pemakaian listrik oleh pelanggannya. Selama ini PLN menerjunkan petugas pencatat meteran untuk mengetahui jumlah pemakaian listrik pelanggan per bulannya. Menurut saya cara seperti ini sudah ketinggalan jaman di era informasi ini. Saya ada usul bagaimana jika PLN menggunakan metode SMS untuk mengetahui jumlah pemakaian listrik pelanggannya? Caranya begini, setiap pelanggan mengirimkan SMS ke nomor yang telah ditetapkan oleh PLN yang isinya mengenai angka terakhir penggunaan listrik di meteran pelanggan. Dari sini PLN bisa langsung memberikan tagihan besarnya listrik yang harus dibayar pelanggan setiap bulannnya tanpa harus menerjunkan pencatat meteran. Saya kira hampir semua pelanggan listrik PLN punya ponsel, dan seandainya tidak punya bisa minta tolong pada tetangga yang punya ponsel. Saya yakin tiap dusun atau bahkan RT pasti ada warga yang punya ponsel. Jika PLN ragu-ragu dengan laporan pelanggan, PLN bisa mengecek setahun sekali atau sekali-kali diadakan operasi kejujuran untuk mengecek besarnya pemakaian listrik. Saya kira cara ini bisa memuaskan semua pihak dan memberdayakan pelanggan. PLN bisa menghemat biaya untuk membayar petugas pencatat meteran dan pelanggan merasa membayar listrik sesuai dengan pemakaiannya. Bagaimana PLN ?

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda